4 Dec 2014

Cara Buat Kursi Sofa Pada Blander



Blander adalah Suatu perangkat lunak 3Demensi yang gratis dan populer dikalangan desainer.
blander juga digunakan untuk membuat animasi 3demensi, dan perangkat lunak ini juga memiliki fitur membuat permainan.
Pada pertama ini penulis membuat bagaimana caranya membuat kursi sofa pada blander, langsung saja ya gan simak langkah - langkah dibawah ini, selamat belajar dan selamat berjuang....!!!

Tekan Tabulasi untuk pindah ke edit mode lalu tekan Ctrl+tab dan pilih vertex kemudian tekan A agar semua vertex aktif.

Spoiler : 

   
6. Tekan huruf W dan pilih Subdive untuk membagi objek dan pada menu subdive di bagian kiri ketik pada bagian number of cuts menjadi 3.

Spoiler : 

   
7. Lalu nonaktifkan semua seleksi dengan menekan huruf A, kemudian tekan ctrl+tab dan pilih Faces.

Spoiler : 

   
8. Aktifkan Limit Selection To Visible untuk mengatur agar objek yang sedang dalam keadaan edit mode menjadi objek tembus pandang atau tidak. Option ini sangat berguna ketika user ingin melakukan seleksi sehingga saat limit to visible aktif bagian objek yang belakang tidak ikut terseleksi saat ingin menyeleksi objek bagian atas.

Spoiler : 

 
   
9. Klik Shift+klik kanan untuk mengaktifkan bagian belakang objek balok.

Spoiler : 

   
10. Tekan E untuk melakukan extrude atau perluasan objek dan tarik ke bagian atas.

Spoiler : 

   
11. Tekan huruf A untuk menonaktifkan seleksi dan aktifkan bagian kanan dan kiri sofa dengan menekan Shift+klik Kanan.

Spoiler : 

   
12. Tekan tombol E untuk melakukan extrude dan drag ke atas seperti gambar berikut.

Spoiler : 

   
13. Non-aktifkan seleksi dengan menekan tombol A, tekan Ctrl+tab dan pilih edges.

Spoiler : 

   
14. Tekan huruf B dan jaring bagian atas sehingga aktif dan klik tombol G dan tombol Z tarik ke atas.

Spoiler : 

   
15. Seleksi garis tengah bagian atas dan lakukan hal yang sama sehingga garis tertarik ke atas.

Spoiler : 

   
16. Tekan Ctrl+tab dan pilih Face, klik kanan pada bagian dalam kanan dan kiri sofa dengan menekan Shift+klik kanan.

Spoiler : 

   
17. Tekan S dan Y / Z drag dan klik kiri untuk melakukan skala ke bagian luar sehingga sofa akan tampak seperti ini.

Spoiler : 

   
18. Lalu tekan A dan tekan Tab untuk kembali ke objek mode, kemudian pada bagian jendela kanan blender pada jendela properties klik pada Modifiers dan pilih Subdivision Surface.

Spoiler : 

   

   
19. Untuk memperhalus tampilan sofa, lakukan perubahan nilai pada combo View. Semakin tingi nilai semakin halus objek namun proses render semakin lama.

Spoiler : 

   
20. Berikan warna material pada sofa dengan cara melakukan drag pada jendela kanan window properties sehingga muncul tombol Material, aktifkan window material.

Spoiler : 

   
21. Untuk mengubah warna material, klik kotak warna pada Diffuse dan pilih warna yang dikehendaki. Pada kotak warna Specular berfungsi untuk mengubah warna bayangan pantulan cahaya.

Spoiler : 


   
22. Untuk melihat hasil rendering dengan baik klik render pada kotak properties kanan dan klik pada menu Display dan pilih New Window untuk membuat hasil rendering berada pada jendela window baru atau pilih Full Screen untuk melihat hasil rendering secara layar penuh.

Spoiler : 

   
23. Untuk memberikan tekstur, klik pada menu Texture pada jendela properties bagian kanan.

Spoiler : 

Nah. .itu saja langkah - langkahnya, mudah kan  . .? coba lebih kreatif lagi untuk membuatnya.
SEMOGA BERMANFAAT.

0 comments:

Post a Comment

Jadilah Orang yang Bermanfaat Bagi Orang Lain.