A. Latar Belakang Grafkom
Grafik Komputer ialah suatu ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar dengan cara digital. Bentuk sederhana nya ada grafik Komputer 2D dan berkembang menjadi grafik komputer 3D.
Pengolahan citra ialah salah satu cabang ilmu informatika, pengolahan citra suatu usaha untuk melakukan transformasi citra atau gambar menjadi citra lain dengan suatu teknik tertentu.
Jadi menurut saya Grafik Komputer dan Pengolahan Citra, salah satu ilmu komputer yang menjelaskan tentang manipulasi gambar dengan cara digital, grafik 2D dan 3D, juga mengolah suatu citra atau gambar, menjadi citra lain dengan teknik tertentu.
Jadi menurut saya Grafik Komputer dan Pengolahan Citra, salah satu ilmu komputer yang menjelaskan tentang manipulasi gambar dengan cara digital, grafik 2D dan 3D, juga mengolah suatu citra atau gambar, menjadi citra lain dengan teknik tertentu.
A. Manfaat
Contoh Grafik Komputer :
1. Hiburan , seperti film animasi dengan grafik komputer yang bagus.
2. Pendidikan, permainan untuk pendidikan mengunakan grafik computer yang menarik di lihat.
3. karya seni, Hasil dapat berupa kartun, animasi, logo, lukisan abstrak, dsketsa dan lain sebagainya.
B. Tujuan
1. Menyelesaikan Ujian Akhir Semester matakuliah Grafika Komputer semester 2.
2. Mahasiswa mampu mengimplementasikan fungsi dari project tersebut dengan menggunakan bahasa pemrograman Java Neatbeans.
C. Tentang Program
Penulis buat Animasi tentang Ball Room menggunakan aplikasi Java Neatbeans, dalam program ini penulis menggunakan Java Aplication, dan tentang animasinya saya menggunakan Thread yang mana dalam threed ini kegunaannya juga bisa mengatur kecepatan Animasi untuk bergerak.
D. Source Code Program
package ballroom;
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import java.awt.geom.*;
import java.util.*;
import javax.swing.*;
/**
*
* @author sahrul-media.blogspot.com
*/
public class BallRoom extends JFrame{
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
new BallRoom();
}
public BallRoom() {
this.setSize(500, 500); // MEMBUAT WINDOS
this.setTitle("SAHRUL GUNAWAN");//MEMBERI JUDUL TITLE
this.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
this.add(new PaintSurface(), BorderLayout.CENTER);
Thread t = new AnimationThread(this); // MENJALANKAN THREAD TERHADAP VARIABLE
t.start();
this.show();
}
}
class AnimationThread extends Thread {
JFrame c;
public AnimationThread(JFrame c){
this.c = c;
}
public void run(){
while(true){
c.repaint();
try{
Thread.sleep(30); // FRAME GAMBAR PERDETIK
}
catch(InterruptedException ex){
}
}
}
}
class PaintSurface extends JComponent{
double x_p = 100;
double y_p = 100;
int rotation = 0;
double angle = 0;
public void paint(Graphics g){
Graphics2D g2 = (Graphics2D)g; // MEMBERI VARIABLE G PADA GRAPHIC KE G2
g2.setRenderingHint(RenderingHints.KEY_ANTIALIASING, RenderingHints.VALUE_ANTIALIAS_ON);
if(rotation == 360) {
rotation = 0;
}
else {
rotation += 30; // PERTTAMBAHAN PERCEPATAN ROTASI
angle -= 0.05;
x_p = 100*Math.cos(angle)+200; // MEREVOLUSI OBYEK
y_p = 100*Math.sin(angle)+200;
}
Shape ball = new Ellipse2D.Float((int)x_p,(int)y_p, 50, 20); // FUNGSI MEMBENTUK ELIPS
g2.rotate(Math.toRadians(rotation), x_p + 50/2, y_p + 10/2); // METOTASI OBYEK
g2.setColor(Color.RED); // MEMBERI WARNA OBYEK
g2.fill(ball); // MENGAMBAR
}
}
Ø Hasil Sesudah di Run.
0 comments:
Post a Comment
Jadilah Orang yang Bermanfaat Bagi Orang Lain.