22 Sept 2013

INTERNET SANGAT BERPERAN PENTING DALAM DUNIA TEKNOLOGI INFORMASI

NAMA            : SAHRUL GUNAWAN
KLS                :B9B
FAK                : TI/TEKNOLOGI INFORMATIKA

Salah satu wadah yang dirasa paling berperan dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi di Dunia saat ini adalah internet. Di Dunia terutama yang berada di kota-kota besar sudah banyak masyarakat yang mempunyai akses internet, sehingga pemanfaatan internet sebagai salah satu media pembelajaran dan pencarian informasi dan pengetahuan dapat lebih maksimal walaupun akses internet di Dunia belum sepenuhnya dapat dirasakan semua orang.
Hal yang mempengaruhi keterbatasan akses internet tersebut adalah minimnya infrastruktur Jaringan yang dimiliki. Dikarenakan untuk membangun infrastruktur jaringan Internet tersebut juga membutuhkan biaya / anggaran yang tidak sedikit.
Internet merupakan salah satu “dunia” bagi seluruh manusia maupun makhluk hidup yang lain yang hidup dibumi. Mengapa demikian karena dengan Internetlah kini diseluruh belahan Dunia seolah-olah tidak memiliki Jarak. Karena dengan Internet Kini kita bisa berinteraksi dengan saudara, teman, atau orang-orang yang kita cintai ditempat yang jauh dengan sangat mudah seperti dunia dalam genggaman.
Fasilitas yang tersedia di Internet bisa dikatakan sangat lengkap. Kita bisa berbagi informasi apapun baik berupa Dokumen, gambar, suara , maupun video.
Informasi melalui media internet, bisa menjadi salah satu kunci untuk membuat pendidikan di Dunia mempunyai standar yang sama dengan negara lain. Dengan menggunakan media internet, pemerintah dan institusi pendidikan sudah mulai menerapkan pola belajar yang cukup efektif untuk diterapkan bagi masyarakat yang memiliki kendala dengan jarak dan waktu untuk mendapatkan informasi terutama informasi dalam dunia pendidikan. Salah satu metode yang mulai diterapkan yaitu pembelajaran distance learning. Metode distance learning merupakan suatu metode alternatif dalam pemerataan kesempatan dalam bidang pendidikan. Sistem ini diharapkan dapat mengatasi beberapa masalah yang ditimbulkan akibat keterbatasan tenaga pengajar yang berkualitas. Metode distance learning sangat membantu siswa atau masyarakat dalam mempelajari hal-hal atau ilmu-ilmu baru dengan tampilan yang lebih menarik dan mudah untuk dipahami. Dalam pengaksesan dan pemanfaatan metode ini, peran internet sangatlah diperlukan, karena melalui internet seseorang dapat mengirim file atau meng-upload file yang ingin dipublikasikan dan melalui internet juga seseorang dapat mengakses file yang ingin dicari. Selain metode distance learning, masih banyak metode-metode lain yang sangat membantu dalam meningkatkan mutu pendidikan di Dunia, diantaranya dengan adanya modul-modul pembelajaran gratis yang tersedia, portal pembelajaran online,dan lain-lain.





 Jika kita melihat ke negara lain, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Dunia bisa dibilang cukup tertinggal. Peran pemerintah sangat diharapkan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Dunia. Pemerintah diharapkan dapat menyamaratakan perkembangan teknologi informasi disemua daerah di negara ini. Pemerintah diharapkan dapat membantu daerah-daerah yang penyampaian proses informasinya masih minim dan tidak hanya fokus pada daerah atau kota-kota besar saja seperti yang terjadi pada saat sekarang ini, karena pada kenyataannya peran daerah dalam mendukung perkembangan teknologi informasi dan perkembangan pendidikan di Dunia sangatlah penting.
Dampak Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi di bidang pendidikan:
  1.     Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
  2.     Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan  proses
pendidikan.
  1.    Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak                mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
  2.    Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
Tidak diragukan lagi, transformasi informasi ini memiliki banyak manfaat positif, namun sayangnya juga membawa berbagai dampak negatif diantaranya:
  1. Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data       menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
  2. Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan       sistem tersebut akan berakibat fatal.
Dampak Negatif dari Internet bisa kita tangguangi dengan cara berikut :
  •     Mewaspadai muatan pornografi digital (online maupun offline).
  •     Mewaspadai kekerasan pada game.
  •     Cek history browser pada computer anak untuk melihat apa saja yang sudah dilihatnya.
  •     Menggunakan program filtering dan Parental Control.
  •     Meletakkan computer pada tempat yang dapat diawasi, hindari penempatan computer di dalam kamar.
  •     Jika terpaksa meletakkan computer dalam kamar anak, jangan melengkapinya dengan fasilitas internet.
Dengan belum meratanya penyebaran teknologi informasi akan berpengaruh terhadap proses perkembangan pendidikan. Hal ini dikarenakan peran teknologi informasi di dunia pendidikan sangatlah penting. Dengan adanya teknologi informasi segala macam ilmu pengetahuan dan informasi dapat diterima dan didapatkan dengan mudah dan cepat. Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan komunikasi merupakan sektor yang paling dominan.
Jadi Pendapat saya mengapa Internet menjadi sangat Berpengaruh karena Internet adalah “Dunia” yang tak terlihat. Apa saja yang kita butuhkan sebagian besar bisa kita lakukan melalui internet. Misalnya : Jual Beli, Belajar ( melalui Google), bekerja, ngobrol, bahkan bertatap muka sekalipun bisa kita lakukan melalui internet lewat layanan video conference.Maka dari itu Internet telah banyak mempengaruhi peradaban para manusia di muka bumi ini

0 comments:

Post a Comment

Jadilah Orang yang Bermanfaat Bagi Orang Lain.